3 Hal Penting dalam Mendesain Tampilan Website Profesional

Sebuah website tidak bisa dikatakan sukses begitu saja hanya melalui desain yang menarik dan konten yang mind-blowing. Sebuah website membutuhkan satu gaya uang unik yang dapat memberikan pengalaman dan fungsi yang dibutuhkan kepada penggunanya tanpa mengesampingkan sisi yang paling penting yaitu mudah untuk dimengerti.

Ada pepatah tentang website mengatakan, “Keindahan berada di mata pemegang tetikus.” Kita harus mengerti bahwa setiap orang memiliki selera berbeda, tapi bukan berarti tidak ada aturan dasar yang bisa kamu ikuti untuk menentukan tampilan website-mu.

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa membantu kamu tetap ada di jalur yang aman dan tidak mejauhi apa yang diinginkan konsumen kamu.

Desain Web

  1. Halaman Utama yang Minimalis

Jarang sekali pengunjung website yang akan membaca seluruh teks yang tertera di halaman situs. Kebanyakan dari mereka hanya akan membaca bagian-bagian yang penting saja. Saat kamu tahu hal ini, berarti kamu juga tahu kalau lebih penting menyentuh seseorang melalui emosi daripada jumlah kata.

Semakin sedikit yang harus mereka baca atau klik, semakin banyak waktu untuk mereka memproses dan mengevaluasi apa yang ada di hadapan mereka. Itu akan mempermudah kamu untuk meminta pengunjungmu untuk melakukan apa yang kamu ingin mereka lakukan.

Tentu saja teks dan Call to Action sangat penting, tapi pastikan untuk membuatnya dalam versi yang tidak terlalu panjang dan simpan di tempat yang akan menarik mata pengunjung. Menggunakan foto atau ikon juga menjadi alternatif untuk mengkomunikasikan maksud tujuanmu.

  1. Rancangan dengan Hirarki Visual

Dengan layar komputer dan smartphone, secara otomatis teknologi juga merubah cara informasi ditampilkan kepada penggunanya. Sekarang tinggal tugas seorang desainer untuk mengatur konten yang akan disuguhkan ke dalam tatanan yang lebih mudah dipahami. Sebagai desainer, kamu hanya punya waktu beberapa detik untuk menarik perhatian seseorang dan mengatakan segala hal tentang situs kamu.

Dengan rentetan informasi yang jelas, pembaca akan dibimbing secara perlahan untuk lebih mengerti dan dengan mudah memahami apa yang bisa mereka dapatkan dari situs yang mereka kunjungi. Terapkan juga warna, kontras, ukuran, dan spacing yang tepat untuk menarik perhatian pengunjung lebih lama lagi.

layout homepage mahabet

  1. Konten Website Mudah Dibaca

“Keterbacaan” mengukur sejauh mana pengunjung dapat mengerti kata, kalimat, dan ungkapan yang tersaji di halaman situs. Ketika keterbacaan situs-mu tinggi, pengunjung akan bisa mendapatkan informasi secara efisien tanpa harus mengeluarkan usaha lebih.

Meningkatkan keterbacaan sebuah situs relatif mudah, cobalah beberapa tips berikut ini:

  • Kontras = Baik

Sangat penting untuk menerapkan kontras yang cukup antara teks dan latar dimana teks tersebut tersimpan. Kamu harus lebih hati-hati dalam memilih warna latar karena itu adalah bagian dari identitas brand yang kamu punya dan sudah seharusnya mewakili situs secara keseluruhan. Kamu bisa bermain dengan warna tapi jangan sampai mengorbankan keterbacaan demi kreatifitas.

  • Kamu Tidak Bisa Membaca Apa yang Tidak Terlihat

Saat layar komputer berjarak 30 cm dari wajah seseorang, akan sangat sulit membaca teks dengan font berukuran 12 pt. Aturannya, font yang digunakan untuk mendapatkan keterbacaan optimal adalah minimal 16 pt. Tapi selalu ingat bahwa ukuran font ini tergantung juga pada jenis font yang dipakai.

  • Memilih Font yang Mudah Dibaca

Selain mewakili jati diri situs itu sendiri, font juga memiliki peran penting dalam sisi keterbacaan. Sekali lagi, kamu selalu bisa bermain dengan kreatifitasmu, kamu bisa pilih font yang paling mewakili brand yang kamu punya, tapi selalu ingat keterbacaan selalu lebih penting dari semuanya.

Sebagai referensi situs dengan desain yang baik dan tingkat keterbacaan yang tinggi, kamu bisa kunjungi http://www.mahaku.org. Selamat mendesain!

News Reporter